Pesona Danau Toba di Sumatera Utara

Pesona Danau Toba di Sumatera Utara | Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik terbesar didunia yang berada di Sumatera Utara. Danau Toba dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak menarik wisatawan untuk datang kesini.

Memiliki panjang sekitar 100 km, lebar 30 km dan dengan kedalaman 1.600 meter dan termasuk kedalam danau terdalam ketiga didunia. Danau Toba terbentuk dari sebuah letusan gunung merapi Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu, dan akibat dari letusan tersebut, terbentuklah sebuah kaldera yang kini kita kenal dengan nama Danau Toba.

Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini dikelilingi oleh tujuh kabupaten yaitu :

  1. Kabupaten Simalungun
  2. Kabupaten Toba Samosir (Tobasa)
  3. Kabupaten Tapanuli Utara
  4. Kabupaten Humban Hasundutan
  5. Kabupaten Dairi
  6. Kabupaten Karo
  7. Kabupaten Samosir

Seluruh kabupaten yang mengelilingi danau ini masing-masing memiliki daya tarik wisata tersendiri, tidak heran jika banyak kita lihat pemandangan alam danau toba yang spectaculer dengan berbagai bentuk dan keindahannya. Pesona Danau Toba di Sumatera Utara ini sudah sangat mendunia, banyak para wisatawan maupun para ilmuwan datang kemarin untuk liburan di danau toba ataupun mengadakan penelitian tentang sejarah terjadinya danau ini.

Penduduk asli yang mendiami kawasan danau toba adalah Suku Batak yang konon menurut legenda asal muasalnya dari Pulau Samosir, pulau yang berada ditengah danau toba, tepatnya di desa Sianjur Mula mula, kabupaten Samosir.

Pesona Danau Toba di Sumatera Utara

Sunset di Sianjur Mula mula
Foto by Johnny Siahaan

Saat ini danau toba menjadi perbincangan hangat oleh seluruh dunia akibat tragedi tenggelamnya kapal KM. Sinar Bangun yang mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia. Akan tetapi pesona Danau Toba di Sumatera Utara ini tidak berpengaruh dengan tragedi yang menimpa KM. Sinar Bangun, keindahan alam yang merupakan anugerah Tuhan ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Danau Toba bukan hanya sekedar tentang keindahan, tetapi terdapat juga budaya dan sejarah yang terkandung didalamnya. Pesona danau toba menjadi sumber mata pencarian bagi masyarakat yang mendiami disekitar kawasan ini.

Pariwisata di Danau Toba

Kota Parapat adalah pintu gerbang untuk masuk ke wilayah danau toba dan sebagai pusat tujuan utama wisatawan yang hendak berlibur kemari. di Parapat banyak terdapat hotel-hotel mulai dari bintang 4 sampai dengan homesatay dan dapat dijumpai juga Rumah Persinggahan Bung Karno yang pada masa lalu menjadi rumah pengasingan beliau ketika menjadi tahanan Belanda.

Umumnya masyarakat lokal yang ada di Sumatera Utara setiap musim liburan sering memadati kota ini, karena mudah diakses dan banyak pilihan penginapan serta kebutuhan lainnya yang mudah didapati. Toko-toko yang menjual segala macam pernak-pernik khas lokal setempat banyak kita temui disini.

Pulau Samosir juga merupakan pusat utama tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, kawasan Tuk tuk menjadi salahsatu kawasan percontohan pertama untuk pariwisata disini. Hotel di Samosir kebanyakan berada di kawasan Tuk tuk karena letaknya yang strategis dengan pinggiran danau toba serta dekat dengan pelabuhan di Tomok.

Keindahan Danau Toba di Sumatera Utara seakan tiada habisnya jika kita mengelilingi pulau Samosir. Keindahan alam yang asri, budaya dan sejarah di pulau Samosir menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang kemari.

Desa Tomok, desa Ambarita dan kecamatan Simanindo merupakan destinasi tujuan wisata yang kerap disinggahin. Tetapi jika kita meng-explore lebih jauh banyak sekali tempat-tempat wisata yang jauh lebih menarik, natural serta memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, seperti desa Sianjur Mula mula yang merupakan desa dimana asal muasalnya suku Batak pertama ada. Kita dapat menjumpai rumah Si Raja Batak ketika berkunjung kemari, serta legenda dari suku Batak.

Selain itu terdapat pula danau Sidahoni yang merupakan danau diatas danau, Bukit Holbung, Aek Sipitu Dae, Pantai Parbaba, Danau Tao dan masih banyak lagi tempat wisata yang dapat kita temui disini.

1 Response

Leave a Reply